Akar yang Menggantung

Pohon jenis Ficus di alam berbeda dengan ficus ditaman di dalam pot. Ciri khas jenis tanaman ini adalah pada akar yang menggantung tumbuh vertikal kebawah. Apa jadinya kalau jenis ficus tidak ada akar yang menjuntai kebawah, yang jelas hilang kharismanya, angkernya dan berkurang nilai seninya.

Akar gantung yang menjuntai kebawah menyentuh tanah, lalu akhirnya menembus tanah untuk tanaman alam tidak akan bermasalah, karena bobot dan berat akar dengan sendirinya akan terus kebawah lalu menyentuh tanah dibawahnya. Akar - akar gantung ini tumbuh dari dahan-dahan atau cabang pohon.

Jenis ficus yang ditanam didalam pot atau di jadikan bonsai, akar gantungnya tidak akan langsung tumbuh kearah bawah melainkan ke sembarang arah diakibatkan oleh bobotnya yang enteng. Ada yang tumbuh kesamping, kedepan malah ada yang mengarah keatas. Bila sudah begini maka kesan yang ditimbulkan tidak seperti pohon yang tumbuh dialam.

Apa yang harus dilakukan agar tanaman bonsai jenis ficus memberikan kesan seperti dialam, terutama akar - akar gantungnya yang harus tumbuh kebawah. Akar tersebut perlu ditrain agar tumbuh vertikal dan nantinya diharapkan menembus tanah. Berbagai macam cara bisa dilakukan untuk membuat akar gantung tumbuh kearah bawah, antara lain dengan cara :

Melekatkan ujung akar gantung dengan tanah liat dibuat seperti bola-bola kecil dengan demikian akar akan mengarah kebawah, Tapi cara ini tidak dapat dilakukan pada musim penghujan karena tanah liat akan lepas tersiram air hujan.

Memasukkan ujung akar tunjang kedalam pipet (sedotan minuman ringan), tabung gelas kecil dengan tujuan memaksa akar tersebut untuk tumbuh kearah bawah dan akhirnya menyentuh tanah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Site

For Free

KLIK DAPET DUIT