Mame Bonsai


Belum terpikir apa yang harus saya tulis tentang mame bonsai. Dari pada tidak ada posting lebih baik saya akan cerita sedkit tentang mame bonsai. Saya mempunyai koleksi mame bonsai jenis anting putri umurnya lebih kurang 20 tahun, tingginya sekitar 15 cm. Mame ini saya tukar dengan cincin sekitar 4 gr, karena saya suka dan ingin memilikinya. Mame bonsai ini saya pelihara hampir 13 tahun. Sekarang kondisinya sangat memprihatinkan pusing saya dibuatnya. Sudah dua kali kejadian seperti ini terjadi dan 2 kali juga berubah bentuk, kejadian pertama adalah karena kelalaian saya karena lupa menyiramnya, akibatnya sangat fatal tanaman menjadi kritis alias layu. untuk memulihkannya kembali seperti sedia kala saya pikir tidak mungkin. Akhirnya saya putuskan untuk dibongkar dan diganti medianya tetapi apa akibatnya, banyak dahan-dahan yang mati sehingga bonsai menjadi berubah bentuk. Memang agak sulit cara pemeliharaan mame bonsai, mungkin karena medianya yang sedikit ditambah musim kemarau...apa yang harus saya lakukan dengan bonsai ini,dibiarkan saja rasanya tidak mungkin....

1 komentar:

  1. untuk perawatan harian sebaiknya mame bonsai tidak di taro di single potnya.tapi letakan mame bonsai beserta potnya diatas pot yg lebih besar dengan media tanam yg cukup.biarkan akar mencari makanan ke pot yang di bawahnya :)

    takut daun2nya mejadi besar kembali??
    ga kok selama pruning ttp dilakukan.

    BalasHapus

Powered By Blogger

Site

For Free

KLIK DAPET DUIT