Cangkokan, Okulasi, Ent (sisip)

A.Cangkokan
Mangambil anakan dari tanaman induk dengan cara menumbuhkan akar dari dahan atau cabang yang kita inginkan inilan yang disebut mencangkok. Berikut ini bagaimana cara mencangkok :
  1. Memilih dahan atau cabang yang akan kita jadikan anakan (mencangkok), pilih dahan yang tidak terlalu tua atau terlalu muda dan dirasa memnuhi syarat untuk dijadikan bonsai (dari dahan, cabang dll).
  2. Bersihkan dahannya lalu kupas keliling kulitnya pada tempat yang diinginkan untuk tumbuh akar. Kupasan harus sampai pada kayunya, lalu bersihkan dari lapisan kambiumnya/lapisan lendir yang licin dengan cara mengikis atau menggosoknya.
  3. Dahan yang dikupas lalu dibungkus dengan tanah yang subur dan gembur disekeliling kupasan lalu bungkus dengan sabut kelapa, lembaran plastik.
  4. Dahan atau cabang yng sudah dikupas dan dibungkus tadi disiram agar selalu lembab. Pembungkusan dengan lembaran plastik harus diberi lobang dengan cara ditusuk menggunakan jarum untuk menyerap air yang akan kita siram.

B.Okulasi dan Ent (sisip)
Bagaimana cara mencangkok bisa kita dapat dari berbagai artikel yang kurang lebih sama saja dengan mencangkok tanaman biasa dan akan saya jelaskan pada posting beiikutnya atau anda bisa lihat [link]. berikut ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Site

For Free

KLIK DAPET DUIT