Batu Karang

Pada umumnya bonsai ditanam di dalam pot yang berbentuk lonjong, bulat, persegi dan kedalamannya juga bermacam-macam ada yang dangkal (tipis), dalam (tebal) menyesuaikan bentuk dan gaya bonsai. Tempat atau wadah untuk menanam bonsai sedikit banyak berpengaruh pada keindahan bonsai yang kita tanam.

Menanam bonsai diatas batu khususnya batu karang sangat mudah, tergantung bagaimana kita menatanya. Pertama kita harus menyiapkan batu karang yang sudah dipilih bentuknya yang artistik sesuai dengan bonsai yang akan ditanam. Batu karang yang dipilih dibersihkan terlebih dahulu bila perlu untuk menambah keindahannya kikis atau buang bagian yang tidak perlu. Buat lobang dengan cara di bor setiap sisinya, gunanya adalah untuk memperkuat cengkraman akar yang akan tumbuh nantinya.

Menanam bonsai diatas batu ada 2 cara :
  • Ditanam di atas batu, dengan akar-akarnya mencengkram batu dan dibiarkan menjalar, lama kelamaan akar akan melilit dan mencengkram semakin kuat. Dengan cara ini biasa menggunakan alas pot yang dangkal atau tipis, juga diberikan media tanah didalam potnya. Pada awal penanaman akar-akarnya diatur sedemikian rupa ditempel atau dibungkus dengan tanah liat lalu diikat dengan tali sampai akar sudah benar-benar mencengkram batu kemudian baru dilepas (sekitar 3-4 bulan).
  • Ditanam diatas batu, namun tidak menggunakan media tanah, hanya menggunakan alas pot yang tidak berlubang untuk tempat air atau bisa juga menggunakan media pasir yang bersih. Cara penanamannya sama saja seperti cara pertama.

1 komentar:

  1. Dibungkus dengan tanah, apanya? Batu karang nya💂👮??????????????

    BalasHapus

Powered By Blogger

Site

For Free

KLIK DAPET DUIT