Awalnya Indah Berakhir Kematian

Dari judulnya saja sangat menyedihkan seperti cerita sinetron yang tidak pernah ada habisnya, tetapi ini adalah cerita bonsai dan bisa menjadi cerita nyata. Bagi para pemula atau orang yang baru mengenal dan hobi akan bonsai ceritanya akan seperti ini bila tidak hati-hati dengan koleksinya. Dalam beberapa bulan saja bonsai akan berubah bentuk, cabang dan tunas baru tumbuh tidak beraturan, ranting lama tumbuh memanjang. Apalagi pemiliknya tidak tahu bagaimana cara merawatnya, bonsai yang tadinya dibeli dengan harga yang relatif mahal lama-lama keindahan bonsai akan hilang sama sekali. Sehingga mengecewakan pemiliknya lalu dibiarkan begitu saja dan berakhir dengan kematian.

Kejadian tragis diatas mestinya tidak perlu terjadi, resiko rusak dan hilangnya keindahan bonsai menjadi tidak sedap dipandang dan berakhir dengan kematian bisa diatasi dengan berbagai cara antara lain adalah :
  1. Belajar dengan orang lain yang sudah lama dan berpengalaman bagaimana cara merawat bonsai, keluarkan uang anda demi koleksi anda dengan membayar atau sekali-sekali mendatangkan orang yang benar-benar tahu tentang bonsai, bagaimana melakukan prunning (pemotongan), trimming dan wiring (ikat kawat) lalu amati bila perlu curi ilmunya sedikit demi sedikit karena mereka sudah dibayar, apa salahnya. berbagi ilmu sedikit.
  2. Belajar sendiri dari berbagai media baik buku, browsing, video dan lakukan dengan koleksi sendiri tetapi harus hati-hati. Kembalikan bentuk bonsai mendekati bentuknya semula dengan prunning (pemotongan), trimming dan wiring (ikat kawat). (harus ada foto tampak depan, samping, depan, belakang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Site

For Free

KLIK DAPET DUIT