Training

Proses penyempurnaan bentuk pohon yang akan kita buat bonsai atau proses pengerdilan, psoses ini memerlukan waktu yang cukup lama bahkan bertahun-tahun dan tidak pernah akan selesai selama bonsai tersebut masih hidup. Proses penyempurnaan bentuk bertujuan untuk memberikan kesan kepada orang yang melihatnya bahwa tanaman begitu memiliki kharisma dan menunjukan ketuaannya walaupun dalam ukuran mini dan ditanam dalam pot.

Berbagai macam cara melakukan penyempurnaan bentuk (training), dengan melilitkan kawat khusus (wiring) atau kawat email sisa gulungan dinamo yang disesuaikan dengan dahan yang akan kita lililtkan. Tujuannya untuk membentuk, mengubah arah tumbuh, melengkungkan, membengkokkan, meluruskan susuai keinginan. Wiring dibiarkan beberapa waktu, setelah itu lepas secara perlahan bilamana dahan atau ranting yang sudah dililit tidak akan kembali pada arah sebelum dililit kawat. Perlakuan ini juga dilakukan dengan hati-hati jangan terlalu kuat agar tidak merusak dahan atau ranting.

Mengikat batang, dahan atau ranting, biasanya dilakukan untuk dahan yang besar mengarah keatas untuk ditekan kebawah dan ujung tali atau kawat kita ikatkan pada pot. Ikatan juga sama seperti diatas janga terlalu kuat bila perlu dahan yang akan diikat dilapis pelastik keras, karton untuk mencegah kerusakan dahan.

Membuang dahan atau ranting yang tumbuh yang dirasa menggangu serta akan mengurangi keindahan bentuk pohon. Membiarkan tumbuh dahan atau ranting yang kita perlukan sebagai bentuk penyempurnaan sesuai keinginnan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Site

For Free

KLIK DAPET DUIT