Infus Bonsai

Saya tidak dapat menemukan kata yang tepat atau kata lain selain dari kata Infus Bonsai. Istilah ini saya ambil dari rekan saya yang kebetulan juga penggemar bonsai, mungkin hampir 14 tahun yang lalu kata-kata ini muncul. Pada waktu itu saya pernah melihat koleksi bonsainya yang kelihatan aneh, karena ada satu akar menjuntai kebawah yang ujung akar tersebut langsung masuk kedalam botol atau tempat yang berisi air. Dari sinilah kata Infus Bonsai untuk menggambarkan bahwa bonsai miliknya diinfus dengan air siraman tentunya. Dari cerita dan pengalaman tersebut maka kata Infus Bonsai dijadikan judul dari posting berikut ini.

Infus Bonsai ini tujuannya adalah ; selain untuk menghemat air juga menghemat tenaga, dan sebaiknya dilakukan pada musim kemarau yang panjang, sangat cocok untuk daerah tertentu yang sulit air. Infus bonsai tidak bisa dilakukan pada seluruh jenis bonsai, hanya jenis serta ukuran tertentu saja, misalnya jenis ficus dan jenis tanaman yang pertumbuhan akarnya begitu cepat. Untuk jenis ficus (bunut) ; akar tanaman ini apabila kita biarkan akan memanjang dan keluar dari lubang pot dibawahnya, ada juga yang tumbuh dari akar pemukaan menjalar keluar dari atas pot. Dari akar tersebut pilih yang mana yang akan kita infus, akar dari lubang pot atau akar dari atas.

Akar dari lubang pot : biarkan akar tersebut tumbuh dan memanjang kebawah, lalu siapkan tempat yang berisi air, setelah akar cukup panjang maka masukkan pada tempat yang telah disediakan. Perlakuan ini hanya untuk sementara saja apabila akar telah mulai membesar harus dipotong agar tidak merusak pot.
Akar dari atas pot : Caranya sama seperti diatas namun cara ini apabila akar telah membesar lalu dipotong maka luka bekas potongan akan terlihat.

(hanya sebuah percobaan dan pernah diterapkan)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Site

For Free

KLIK DAPET DUIT